Bazar Medis dan Kesehatan J-Lo – Lions Club Jember Argopuro

Ada Ruang Konsultasi dari Klinik PCC

BAKSOS   donor darah dimeriahkan dengan bazar medis dan kesehatan dilengkapi klinik konsultasi psikologis, kesehatan mental diselenggarakan kolaborasi menejemen Java Lotus hotel (J-Lo) – Lions Club Jember Argopuro pada Minggu, 23 Juni 2024.

Bazar Medis dan Kesehatan pertama di Jember, dimulai pukul 08.00 pagi, berakhir pada pukul 12.00 WIB, mendapat perhatian khusus masyarakat Kota Cerutu.

Kegiatan mutualisme antar organisasi ini, bertujuan menjaring warga Jember dari berbagai strata sosial untuk berani berkonsultasi dan memeriksakan diri. Pasalnya warga Pandhalungan sudah familiar berdonor darah, namun masih “ewuh-pakewuh” melakukan konsultasi atau tes Kesehatan baik kesehatan fisik, terlebih test psikologis, kesehatan jiwa, jelas Jeffrey Wibisono.V, General Manager Java Lotus yang juga Project Officer Baksos Lions Club Jember Argopuro.

Jeffrey Wibisono V. - BAKSOS   donor darah dimeriahkan dengan bazar medis dan kesehatan dilengkapi klinik konsultasi psikologis, kesehatan mental diselenggarakan kolaborasi menejemen Java Lotus hotel (J-Lo) – Lions Club Jember Argopuro pada Minggu, 23 Juni 2024.

Dipaparkan juga bahwa, menejemen Java Lotus Jember dengan misi J-Lo Tradition, —berkolaborasi dengan semua stake holder terkait—, ikutserta mengupayakan peningkatan kualitas pemahaman masyarakat sekitar hal kesehatan. Dan mengacu pada pernyataan Master Trainer ESQ Hypnotherapy, Coach Bram G Wibisono, bahwa satu (1) dari tiga (3) remaja Indonesia berusia 10-17 tahun mengalami masalah kesehatan mental. Angka tersebut setara dengan 15,5 juta remaja. Masalah gangguan kesehatan jiwa di Indonesia pasca pandemi naik 164,3% akibat dari penyakit COVID-19 mau pun masalah sosial ekonomi sebagai dampak dari pandemi.

Kajian lapangan di wilayah Jember menurut pemilik dan pengelola Klinik Psychology Care Center (PCC), Dr. Nasruliyah. H. M, M.Psi., Psikolog, menyepakati saat ini masyarakat sedang mengalami krisis kesehatan mental pasca pandemi. Remaja yang mengalami stress, depresi, pergaulan bebas, tekanan dalam studi, pertemanan bullying, makin meningkat dan memperburuk kesehatan mental mereka. PCC hadir sebagai biro pelayanan konseling ,psikotes dan terapi yg diberikan oleh psikolog.

Selama kegiatan bazar kesehatan PCC berpatisipasi dalam kearifannya memberikan pelayanan konseling dan psikotes kepada masyarakat umum. Dengan harapan masyarakat warga Jember menjadi masyarakat yang sehat secara mental. Juga menjual buku- buku terapi relaksasi, pendidikan sex kepada anak sejak dini, buku psikologi Islam, dan lainnya.

Nilai Tambah Baksos

Kehadiran mitra Kesehatan seperti Klinik PCC, Klinik Ibnu Sina, Laboratorium Parahita , Siloam Hospital Jember dan kawan-kawan menjadi nilai tambah bagi peserta baksos donor darah.  Seperti kita ketahui donor darah secara rutin tidak hanya bermanfaat bagi mereka yang memerlukan sumbangan darah. Donor darah, bermanfaat bagi pendonor antara lain menjaga kesehatan jantung, dapat mendeteksi penyakit, meningkatkan produksi sel darah, memperpaanjang umur, membakar kalori berlebih.

BAKSOS   donor darah dimeriahkan dengan bazar medis dan kesehatan dilengkapi klinik konsultasi psikologis, kesehatan mental diselenggarakan kolaborasi menejemen Java Lotus hotel (J-Lo) – Lions Club Jember Argopuro pada Minggu, 23 Juni 2024.

Donor darah juga menurunkan risiko kanker, menurunkan kolesterol, kelebihan zat besi. Untuk memberi nilai tambah dari aksi donor darah, bagi pendonor dan pendamping, digelar bazar medis serta kesehatan, selain menyediakan produk kesehatan juga ruang layanan konsultasi kesehatan mental yang akhir- akhir ini menjadi sorotan publik.

“Yang berdonor darah, masyarakat pembeli produk kesehatan atau konsultasi kesehatan, masih mendapat nilai tambah yaitu berderma,” ungkap Project Officer Baksos Lions Club Jember Argopuro, juga menjabat GM Java Lotus Hotel, Jeffrey Wibisono.V.

Maksudnya? Dana dari donasi vendor bazar menjadi kas Lions Club Jember Argopuro dan kemudian  dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya, jelas Project Officer Baksos Lions Club Jember Argopuro.

Baksos Donor Darah, Bazar Medis dan Kesehatan pertama di Jember ini terbuka untuk masyarakat umum. Meski pun tidak memenuhi target hadir 200 orang untuk mendapatkan 150 kantong darah dalam empat (4) jam—faktor kegagalan 30 persen–. Antusiasme pendonor dan masyarakat yang memanfaatkan Bazar medis dan Kesehatan, patut diapresiasi.

Peserta donor darah selain publik, tercatat staff dari Java Lotus Hotel, anggota Lions Club Argopuro, anggota PHRI BPC Jember, HIPMI Jember, awak media elektronik, pekerja pariwisata, juga institusi dan komunitas seperti komunitas Srikandi LSN (Laskar Sholawat Nusantara).

Prosedur donor darah dilaksanakan sesuai SoP resmi, setiap peserta melalui step pemeriksaan kelayakan donor. Termasuk bagi mereka yang baru pertama kali hendak mendonorkan darahnya. Jika ada peserta tidak lolos setelah pemeriksaan, bisa mencoba lagi di lain kesempatan. Donor darah bersama PMI menjadi salah satu cara untuk berbagi kepada sesama, sesuai dengan tagline PMI “Setetes darah, menyelamatkan banyak jiwa”. Setiap hari selalu ada yang membutuhkan kantong-kantong darah untuk melanjutkan kehidupan seseorang.

Sembari menunggu antrian mendonor, peserta maupun pendamping, pengantar pendonor darah dapat melakukan konsultasi gratis kesehatan tubuh dan mental atau berbelanja produk- produk kesehatan di ruang bazar Wijaya Kusuma Ballroom J-Lo. Tidak hanya konsultasi gratis, beberapa perusahaan medis dan kesehatan terkemuka di Kabupaten Jember, menyediakan produk- produk perawatan kesehatan dengan harga diskon. Lions Club Jember Argopuro bekerjasama dengan vendor peserta bazar untuk mengisi masa tunggu yang solutif.

“Donor darah, bonus konsultasi gratis, belanja produk perawatan dan kesehatan dengan harga layak. Plus berderma,” ungkap GM J-Lo, Jeffrey Wibisono.V

Dalam Bazar Medis dan Kesehatan di Wijaya Kusuma Ballroom, Klinik Ibnu Sina, membuka praktik Bekam di 2 ruangan bagi kaum perempuan dan 2 ruangan untuk pria, selain konsultasi jika ada kalangan yang berniat mengambil paket SunatCation di J-Lo. Hasil praktik Bekam 100% disumbangkan ke Lions Club Jember Argopuro.

Klinik Ibnu Sina dan menejemen Java Lotus Hotel mulai tahun 2024 menawarkan paket SunatCation untuk kaum pria dewasa dan menjadikan Jember sebagai destinasi medical trip. Hotel dan klinik pertama di Indonesia bahkan di dunia yang mencatatkan paket sunat.

Laboratorium Parahita supporter kegiatan sosial J-Lo hadir dengan harga khusus, diskon untuk paket MCU (Medical Check Up) dan insidentil. Kehadiran Siloam Hospital Jember, rumah sakit specialist dalam menangani Neuro Surgeon, di bazar memberikan harga special Rp 200.000 pada tindakan injeksi vitamin C untuk perawatan kulit. Namun injeksi vit C kontra indikasi untuk penderita penyakit lambung. Selain itu Siloam menawarkan paket screening kanker serviks, payudara, tes GAC (gula darah, asam urat, dan cholesterol). 

“Terkadang hasil tes kesehatan tidak sesuai dengan yang kita harapkan, jangan pernah takut. Justru ini adalah langkah awal untuk mencegah dan melakukan tindakan preventif jika memang terdapat satu dan lain hal yang harus di obati atau perbaiki,” jelas Jeffrey.

Untuk mental health dan psikotest, Psychology Care Center hadir menerima konseling dengan tarif khusus Rp 100.000 per jam, psikoterapi dengan tarif Rp 110.000 per terapi. Sedangkan psikotes ada beberapa pilihan, paket lengkapnya Rp 150.000 termasuk di dalamnya tes kecerdasan, kemampuan dan kepribadian. kesempatan yang layak dimanfaatkan masyarakat.

Nina Beauty Center dalam acara baksos ini memboyong produk perawatan dan kesehatan kulitnya. Ada injeksi antioksidan dengan 30% diskon, kemudian Rp 50.000 untuk skin cleansing + serum + masker serta Rp 30.000 untuk PDT Mask.

Sahabat Cantik Spa & Body Care membuka layanan terapi produk 30 menit Food Massage dengan biaya Rp. 50.000

BAKSOS   donor darah dimeriahkan dengan bazar medis dan kesehatan dilengkapi klinik konsultasi psikologis, kesehatan mental diselenggarakan kolaborasi menejemen Java Lotus hotel (J-Lo) – Lions Club Jember Argopuro pada Minggu, 23 Juni 2024.

Java Lotus Hotel berupaya aktif kolaboratif dan solutif dalam menjalankan J-Tradition. Salah satu aktifitas adalah untuk menjadi manfaat terhadap konstituen publik di lokasi Java Lotus Hotel berdomisili. Selalu terbuka dan berperan aktif, berkolaborasi dengan berbagai agregator, organisasi, komunitas dan perusahaan sesuai dengan visi misi menjadi manfaat bagi empat konstituen penting dalam bisnis hospitality, tegas GM Java Lotus (J-Lo) Jember, Jeffrey Wibisono.V.

Java Lotus Jember tetap komitmen dengan misi J-Tradition. Bergabunglah di acara selanjutnya.***

Menikmati Jember Kuliner “Rasa Jember” yang gurih menjadi bagian penting dari pengalaman Jember Pariwisata di Bumi Pandalungan area Tapal Kuda, Jawa Timur. Java Lotus Hotel is the best hotel in Jember dalam hal #eatlocal ini.

Terima kasih kepada semua Pendonor Darah

Terima kasih kepada Exhibitors dan Supporters

BAKSOS   donor darah dimeriahkan dengan bazar medis dan kesehatan dilengkapi klinik konsultasi psikologis, kesehatan mental diselenggarakan kolaborasi menejemen Java Lotus hotel (J-Lo) – Lions Club Jember Argopuro pada Minggu, 23 Juni 2024.

Juga tayang di

https://sorogan.id/bazar-medis-dan-kesehatan-kolaborasi-baksos-j-lo-dan-lions-club-jember-argopuro-59784

https://timesindonesia.co.id/indonesia-positif/500457/jlo-dan-lions-club-jember-argopuro-gelar-baksos-donor-darah-hingga-bazar-kesehatan-untuk-masyarakat

https://tripbiru.id/bazar-medis-dan-kesehatan-kolaborasi-baksos-j-lo-dan-lions-club-jember-argopuro