Java Lotus Hotel “Goes West?”

TRAVELER dari Eropa yang menginap di Java Lotus Hotel Jember dalam kuartal pertama tahun 2023 ini, meningkat signifikan. Tren pendorong menejemen meningkatkan kenyamanan menginap bagi pelanggan dari beragam pasar yang mulai mengeksplore kawasan negeri “cerutu” dan pasokan ikan segar pesisir utara Pulau Jawa di tempat pelelangan ikan pelabuhan Puger.

Prediksi peningkatan kunjungan pasar internasional makin menjanjikan dengan diselenggarakannya sejumlah event yang menetapkan target penonton pasar internasional. Seperti diketahui, Jember juga identik dengan perhelatan Jember Fashion Carnaval (JFC), di tahun 2023, mengambil tema Timelapse pada 4 – 6 Agustus. Karnaval diramaikan delegasi peserta dari 33 negara, melibatkan photographer  dalam dan luar negeri.

Menyongsong naiknya permintaan pasar Eropa dan pergeseran perilaku pasar wisata secara global, diperlukan kecerdasan untuk menangkap added value tanpa tercerabut dari tradisi “pendalungan” Jember. Tim kuliner hotel artisan Java Lotus di Jember mengembangkan produk makanan klasik internasional, Road to JFC, dengan menu “anyar” Classic Fish and Chips .

Olahan ikan dan kentang goreng ini memiliki sejarah unik. Tercipta ditahun 1860-an, tidak pernah punah dan lekang oleh waktu, ditengah semaraknya tawaran menu-menu olahan ikan. Fish and chips salah satu “comfort food”  digemari banyak orang dengan rasa sangat ringan, tidak berat, tetapi mengenyangkan karena dilengkapi si kentang goreng alias french fries.

Trade mark olahan “pawon” Java Lotus Hotel bercitarasa pedas, asin, gurih yang umum dikonsumsi warga Jember. Makin kaya ragam dengan kehadiran menu Classic Fish and Chips. Kudapan populer “must eat” orang Barat yang identik dengan kehadiran Pisang Goreng di keseharian masyarakat Nusantara.  Olahan berbahan baku ikan Dori, tepung untuk batter dan bumbu rempah tersedia di pasar lokal.

Jangan lupa jember itu memiliki pelabuhan dan tempat pelelangan ikan segar Puger dengan oleh-oleh terasi Jember. Budidaya sayur- mayur –termasuk kentang—berasal daerah setempat dan kabupaten tetangga seperti Malang, Bondowoso. Semua ada di pasar lokal terdekat.

Mengapa Classic Fish & Chips?

Olahan ikan dan kentang goreng ini memiliki sejarah unik. Tercipta ditahun 1860-an, tidak pernah punah dan lekang oleh waktu, ditengah semaraknya tawaran menu-menu olahan ikan. Fish and chips salah satu “comfort food”  digemari banyak orang dengan rasa sangat ringan, tidak berat, tetapi mengenyangkan karena dilengkapi si kentang goreng alias french fries.

Lembutnya daging ikan Dori fillet tanpa duri, dibalut dengan tepung berbumbu klasik Barat racikan Arif, Chef de Cuisine Java Lotus Hotel, semakin sedap dikonsumsi selagi “hangat” di segala cuaca.

Plating di dalam piring termasuk kentang goreng, fresh salad dan tiga (3) macam saus yaitu Tartar. Untuk penikmat ber-passport-hijau —lidah bercitarasa pedas “cabe”–, tersedia saos Tomat dan Saos Sambal.

Ingin mencoba piring dengan sambal uleg khas Java Lotus, sila.

Well balance!

Minumnya?

Ada Virgin Sangria,  a summer drink ala Spanyol,  yang bisa di order per pitcher dan disajikan dingin.

Minumnya? 
Ada Virgin Sangria,  a summer drink ala Spanyol,  yang bisa di order per pitcher dan disajikan dingin.

Jadi …. kapankah Anda hendak menginap di Jember?

Restoran makanKOE dan Sky Lounge di Rooftop terbuka untuk umum.

Mampirlah dan menjadi penikmat Fish & Chips made in Jember dengan standard international.

Dan tentu menambah poin Loyalty Rewards Anda. *

Tentang Java Lotus Hotel – Hotel Artisan Bintang 4

Java Lotus Hotel Jember beroperasi sejak 1 November 2020, hotel artisan “rating” bintang empat (4) di Kecamatan Kaliwates pusat perdagangan di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Layanan dan fasilitas hotel kelas satu yang memberikan pengalaman beraktivitas di hotel dengan nyaman, aman, kebersihan terjamin berstandar internasional.

Para tamu dapat menikmati fitur dan fasilitas hotel seperti Wi-Fi gratis di 130 kamar dan suite, area publik, dan restoran. Dilengkapi fasilitas Wijaya Kusuma Ballroom dengan luas 780 meter persegi, 10 Meeting Room, makanKOE Restaurant, kopiKOE Cafe, Sky Lounge dengan Infinity Swimming Pool di Rooftop, Gym, dan layanan Room Service, Petugas Pengamanan 24 jam, Parkir area.

Tidak kalah penting, menejemen hotel pengusung konsep “Tourism for All” melengkapi hotel dengan fasilitas Handicapped Ramp Access – fasilitas akses untuk tamu yang menggunakan kursi roda untuk mobilitas.

Dengan lokasi di area pusat pemerintahan Jember, Java Lotus Hotel menawarkan akses mudah ke destinasi yang wajib dikunjungi di kabupaten ini, termasuk Stasiun KAI, Pantai Puger dan Papuma, Air Terjun Tancak, dan Bukit Rembangan.

Kabupaten Jember dengan luas wilayah yang terbagi dalam 31 kecamatan merupakan kota dengan sebutan the City of Fashion Carnaval;  yang setiap penyelenggaraannya ditunggu publik dalam dan luar negeri. Menjadikan Kota Cerutu ini makin diminati wisatawan mancanegara.

Juga tayang di

https://timesindonesia.co.id/kuliner/454339/classic-fish-and-chips-sajian-java-lotus-hotel-jember-dengan-standard-international

https://ketik.co.id/berita/sambut-wisman-java-lotus-hotel-jember-sediakan-menu-eropa

https://triphacks.id/classic-fish-chips-dari-java-lotus-hotel/