Kurikulum Merdeka Belajar,  PKL nya  di Java Lotus

MENDUKUNG Program Sekolah dan Kampus Merdeka dengan Kurikulum Merdeka Belajar di dunia pendidikan Indonesia. Menejemen Java Lotus Hotel Jember, melaksanakan penandatangan naskah kerjasama (MoU) dengan sejumlah lembaga pendidikan linier hospitality.

Kerjasama ini, sebagai salah satu upaya menejemen Java Lotus meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan pendidikan, pemberdayaan  sumber daya manusia berkualitas dalam pelayanan serta keberlanjutan sinergitas dunia pendidikan dan usaha jasa kepariwisataan.

“Magang” di Java Lotus Hotel tidak hanya memenuhi kewajiban formal kurikulum pendidikan, dan menjaga keberlanjutan sinergitas dunia pendidikan, dengan dunia usaha. Program “magang” mampu meningkatkan kualitas kinerja peserta magang, membentuk pekerja yang berkarakter kuat, berprinsip, memiliki skill, dan siap untuk bekerja.

Bertempat di Asoka Dahlia Meeting Room, General Manager Java Lotus Hotel, Jeffrey Wibisono V, melakukan penandatangan MoU dengan perwakilan dari:

  • SMK Negeri 3 Jember
  • SMK Swasta Puger
  • SMK Negeri 1 Panji Situbondo
  • Universitas Jember, dari Prodi UPW – FISIP Unej
  • LKP English One Banyuwangi 

Turut hadir memberikan dukungan dan sekapur sirih, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember Harry Agustriono, ATD, MT, Ketua BPD PHRI Jember,  Teguh Soeprajitno dan Sekretaris BPD PHRI Jember, Dwi Taufik Wahyu yang sekaligus memperkenalkan LKP Global Spirit Persada asuhannya.

Dalam kesempatan ini, menejemen berbagi pemahaman fungsi- tugas masing- masing department dalam sebuah menejemen jasa di Java Lotus. Dengan harapan para pendidik, dosen, guru di lembaga pelatihan keterampilan terkait hospitality —bahasa asing, kepribadian, sektor pendukung lainnya– yang hadir, memahami dan dapat memadupadankan dengan jurusan, prodi anak didik peserta program “magang”.

Menejemen meminta semua pihak terkait melakukan evaluasi bersama hal “magang” di dunia usaha melalui “testimoni” sejumlah alumni peserta magang di hotel. Pada acara penandatangan MoU ini, Rabu, 21 Desember,  menejemen membuka kesempatan bagi alumni “magang” di Java Lotus memberikan testimoni selama melaksanakan PKL di Java Lotus Hotel. ***

Testimoni dari mantan trainee

*

Diah Ayu Nitami, FB Service

Selama 6 bulan training di Java Lotus Hotel, banyak diajarkan hal-hal baru yang belum diajarkan di sekolah. Selain itu, mendapat pengalaman baru karena ada rolling mulai dari menjadi waitrees, di Sky Lounge dan diajarkan sistem kasir.

*

Ibnu, Engineering

Saya berasal dari jurusan kelistrikan tetapi selama training disini juga diajarkan bagaimana memperbaiki AC, perawatan gedung (pengecatan, memperbaiki keramik) dan masih banyak lagi.

Testimoni dari institusi pendidikan

SMKN 3 Jember

Terimakasih kami sampaikan kepada pihak Hotel Java Lotus Jember, yg sdh berkenan mengundang kami dalam kegiatan penandatanganan MOU kerjasama PKL dan Casual yg dilaksanakan di hotel Java Lotus Jember.

Dari hasil pemaparan yg sdh disampaikan oleh head departemen hotel tentang skill dan knowledge yg akan didapatkan siswa PKL di hotel Java Lotus Jember, membuat kami yakin siswa siswi kami akan menjadi tenaga profesional di bidangnya, karena singkron dg kurikulum di smkn 3 jember dan kebutuhan industri.

Kami harap semoga jalinan kerjasama baik ini akan terus berlanjut. Sukses selalu utk Hotel Java Lotus Jember🙏🏻😊

*

Wheny Khristianto

Universitas Jember Pridi UPW – FISIP

Nilai strategis dari kerjasama ini adalah membentuk ekosistem pendidikan yang terintegrasi antara Perguruan Tinggi dengan DUDI (Dunia Kerja & Dunia Industri). Kami merasa kegiatan MoU dengan Java Lotus memberikan nilai lebih dari sisi praktis pendidikan mahasiswa. Hal ini juga dapat menjadi media kerjasama dengan Dosen di D3 UPW.

Kerjasama terkait magang dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa agar siap menghadapi dunia kerja.

*

Sandy Kurniawan S Pd.

Kaprodi Perhotelan SMKN 1 Panji Situbondo

Kami dari pihak sekolah senang dengan kerjasama yg dijalin dan bisa direalisasikan dalam MOU yang ditandatangani kedua belah pihak. Pada saat pertemuan di hotel kami mengapresiasi teman teman divisi di hotel bisa menjelaskan apa yg akan diprogram dalam 6 bulan PKL ke depannya sehingga pihak sekolah tahu garis besar apa saja yg akan dilakukan oleh siswa PKL

Juga tayang di

http://cakrawalabali.com/jeffrey-wibisono-tandatangani-mou-magang-di-java-lotus-hotel/

https://triphacks.id/penandatangan-mou-magang-di-java-lotus-hotel-jember/