Penyetan Pedas Cabe Tengger di Java Lotus Hotel Jember

DOYAN makanan pedas? Level berapa? Januari 2023 ini, dapur Java Lotus Hotel di Kabupaten Jember, Jawa Timur menyajikan  menu Penyetan Pedas Melekat yang sambelnya menggunakan Cabe Tengger. Menu rumahan melengkapi sajian Sop Iga, Sop Buntut, Ayam Kampung Bacem Pendalungan.

Penyetan Pedas Melekat sambal cabe Tengger?

Ya, cabe Tengger —“lombok” Terong nama populernya– langka di pasaran, karena tidak dijual di pasar-pasar tradisional Jember walau cabe ini  tumbuh subur di halaman rumah dan pertanian di Ranupani Kabupaten Lumajang.

Java Lotus Hotel Jember, The Best Hotel in Jember, Hotel Jember, Jember Hotel
Cabe Tengger

Anda tahu nama latin rumpun keluarga cabe Tengger?

Cabe Tengger bentuknya serupa Capsicum atau Habanero –bulat menggelembung– cita rasa dan bentuknya, versi jumbo dibanding cabe rawit pada umumnya. Jadi, pedasnya 10 kali lipat cabe rawit, plus ada rasa “sweetness”. Enak!

Inilah komoditi cabe yang hanya ada di dataran tinggi  pegunungan Tengger dan sejak Januari 2023 disajikan di Java Lotus Hotel Jember dalam rangkaian “Food Promo”, bagian menjaga, memberi nilai tambah kearifan lokal dan sumber-sumber pertanian sekitar.

Cabe langka ini berasal dari desa  Ngadisari dan desa Geduwong — desa suku Tengger tertua di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru–. Dari cerita yang beredar di masyarakat,  cabe ini peninggalan  tuan besar asal Belanda yang pernah singgah di Ranupani.

Nah, bagaimana budidayanya?

Proses penanaman cabe Tenģger dari biji,  sampai panen buah cabe bulat, gendut ini,  membutuhkan waktu kurang lebih 6 – 7 bulan. Jika Anda berkunjung serangkaian upacara Kasodo ke Desa Ranupani, Kec. Senduro, bisa eksplorasi juga keberadaan  tanaman cabe Terong baik di halaman rumah penduduk atau di ladang khusus tanaman sayur- mayur.

Penyetan versi Java Lotus Hotel

Memperkuat keberadaan kuliner khas daerah, team dapur Java Lotus Hotel dengan fasilitas restoran makanKOE menyiapkan koleksi makanan rumahan dalam kategori “comfort food”. Menu Penyetan Pedas Melekat—sambalnya menggunakan cabe Tengger—memperkaya menu koleksi menu Sop Iga, Sop Buntut, Ayam Kampung Bacem Pendalungan

Arif, Chef de Cuisine Java Lotus Hotel, telah melakukan ujicoba beberapa teknik memasak untuk mempertahankan aroma dan rasa khusus cabe Tengger. Sedikitnya ada enam macam varian yang telah dipraktekkan antara lain Sambal Matah, Sambal Uleg, Sambal Bawang, Sambal Ijo, hasilnya adalah satu pilihan sambal untuk menu Penyetan Pedas Melekat.

Java Lotus Hotel Jember, The Best Hotel in Jember, Hotel Jember, Jember Hotel
Seleksi Penyetan Pedas Melekat Sambal Cabe Tengger

Kenapa penyetan?

Survey membuktikan, masyarakat Pendalungan Jember sangat menyukai makanan yang sederhana, tetapi dari segi cita rasa gurih dan tampilannya photogenic.—Menurut #eatlocal— Sebagian kalangan yang tidak berkenan makan di warung-warung atau street stahls, bisa menikmati makanan penyetan street food di restoran hotel dengan harga pantas.

Mampirlah ke makanKOE Restaurant yang mempersembahkan penyetan dengan pilihan berbagai jenis lauk, ada ikan Lele, ayam, udang, paru, ikan Nila dan yang khas Jember adalah ikan Wader. Lauk rumahan yang dijajakan di banyak tempat,  dengan menggunakan Sambal Cabe Tengger dan tambahan bumbu rempah pilihan untuk marinasi lauk goreng, bisa dipastikan makan kenyang dan gobyos —tipikal orang Indonesia.

“Nek gak wareg ojok mulih”, kata kita!.

Menu Penyetan Pedas Melekat,  ini ramah di kantong, meski pun sekelas hotel, per porsi Rp. 45.000 net termasuk nasi putih.

Berani makan pedas yang melekat di rongga mulut sampai puas? ***

Perihal Java Lotus Hotel

Java Lotus Hotel Jember beroperasi sejak 1 November 2020, merupakan hotel artisan “rating” bintang empat (4) di Kecamatan Kaliwates pusat perdagangan di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Layanan dan fasilitas hotel kelas satu yang akan memberikan pengalaman beraktivitas di hotel yang nyaman, aman dengan kebersihan terjamin standar internasional. Para tamu dapat menikmati fitur dan fasilitas hotel seperti Wi-Fi gratis di 130 kamar dan suite, area publik, dan restoran. Beberapa fitur lainnya adalah Wijaya Kusuma Ballroom dengan luas 780 meter persegi ditambah 10 Meeting Room, makanKOE Restaurant, kopiKOE Cafe, Sky Lounge dengan Infinity Swimming Pool di Rooftop, Gym, Room Service, Petugas Pengamanan 24 jam, Parkir area. Dan yang tak kalah pentingnya adalah Handicapped Ramp Access – fasilitas akses untuk tamu yang menggunakan kursi roda untuk mobilitas. Dengan lokasi Java Lotus Hotel Jember yang  di area pusat pemerintahan Jember, Java Lotus Hotel menawarkan akses mudah ke destinasi yang wajib dikunjungi di kabupaten ini termasuk Stasiun KAI, Pantai Puger dan Papuma, Air Terjun Tancak, dan Bukit Rembangan. Kabupaten Jember dengan luas wilayah yang terbagi dalam 31 kecamatan merupakan kota dengan sebutan the City of Fashion Carnaval; sehingga setiap tahunnya akan menjadi kawasan yang dapat menarik banyak wisatawan mancanegara untuk berkunjung.

Juga tayang di

https://timesindonesia.co.id/kuliner/443755/lezatnya-penyetan-pedas-melekat-menu-baru-bernuansa-lokal-dari-java-lotus-hotel-jember

“Java Lotus artisan Hotel in Jember, East Java is all about thinking what’s really special to our guests, what’s different, and giving them a memories they are not used to.”

J-Tradition