Serunya, Table Manner Workshop di Java Lotus Hotel Jember

ASIK dan seru! Ungkapan terbanyak dari peserta Table Manner Workshop pada Minggu, 18 Februari 2024.  

Workshop eksklusif –terbatas hanya untuk 10 peserta— membuka ruang lebih dekat antara fasilitator, peserta dan antar peserta. Diikuti peserta berlatar belakang beragam ada berstatus guru dari salah satu sekolah di Lumajang, karyawan, ibu rumah tangga dan individual yang merasa “membutuhkan” skill daily life –table manner — ini. Pasalnya dimensi pemahaman dasar kehidupan sosial ini makin terkikis eksistensinya di tengah deru digitalisasi.

Jadi tidak ada alasan untuk berhenti belajar ya! Seorang ibu rumah tangga saja tetap membutuhkan ilmu praktis keseharian, etika dan adab ketika berada di meja makan. Tidak cukup ilmu mengolah bahan baku menjadi kudapan siap saji di meje makan. Juga perlu pemahaman tata letak peralatan makan, menempatkan posisi tamu, anggota keluarga dalam satu meja makan.

Sebelum kelas table manner –kurang lebih empat (4) jam– dimulai, peserta mengikuti Hotel Tour dipandu salah satu tim FO Java Lotus Hotel, Faneza.  Peserta dengan excited mengikuti dan menyimak penjelasan tour guide JLo, Faneza tentang fasilitas hotel, public area dengan detail. Peserta dengan antusias bertanya perihal fasilitas-fasilitas yang selama ini belum dipahami etika penggunaannya, apa yang diperbolehkan dan tidak layak dilakukan di area hotel.  Penjelasan diberikan sangat informatif! Peserta pun aktif bertanya.

Ruang pembelajaran etika dan adab praktis keseharian ini menampilkan speaker Arjun Maulana. Suasana hangat, santai namun tetap serius menangkap penjelasan pembicara, aktif bertanya untuk memastikan ketepatan interpretasi pembicaraan, menjadikan workshop bermanfaat baik bagi peserta maupun pembicara.

Dalam praktek disiapkan empat (4) menu  penerapan ilmu table manner, terdiri dari appetizer, soup, main course, and dessert.

Menu appetizer nya berupa Avocado Garden Salad with Honey Mustard. Sajian appetizer  bertujuan untuk menggugah selera makan sebelum menyantap kudapan selanjutnya —soup sampai dessert—.

Menu kedua, ada Cream Corn Soup gurih, manis alami dari jagung, dan teksturnya lembut, memanjakan lidah setiap orang yang menyantapnya.

Untuk main course, Chef de Cuisine Java Lotus Hotel – Arif Rifqi— menyajikan Tenderloin Steak dengan condiment lengkap.

 “Tingkat kematangan steaknya sempurna, dagingnya lembut, tidak alot saat dikunyah, rasanya enak, flavorful, lalu mushroom sauce, mashed potato, the vegetables, and garnish completely perfect,!”  komentar Nurina Trisna seorang selebgram.

Dan untuk hidangan penutup atau dessert, tim FB mengeluarkan menu Crème Brulle yang tidak hanya cantik visualnya saja tetapi juga rasanya enak.

Arjun Maulana selaku speaker sangat antusias dengan keberagaman latar belakang peserta workshop. Mereka sangat interaktif dan tidak malu untuk banyak bertanya sesuai latar belakang mereka.

“Acara berjalan sangat lancar ya, seluruh peserta bahagia, makanannya juga sangat enak, porsi dari masing masing menu juga pas, sangat seru dan berkesan,” papar Arjun.

Ini baru tingkat awal, jangan ragu untuk mengikuti workshop by Java Lotus Hotel Jember berikutnya.

“Benar-benar bertaraf internasional, ilmu yang didapat banyak sekali, dan baru kali ini sadar, pentingnya Table Manner. Biar kita beradab dan beretika juga pas di meja makan, ternyata tidak semudah yang kita bayangkan tapi juga tidak sulit untuk dilakukan,” ungkap Yayas, salah seorang peserta.

Bagi yang belum mengikuti Table Manner Workshop, jangan khawatir.

Stay tune di berbagai platform Java Lotus Hotel, salah satunya bisa melalui Instagram. Karena JLo —Java Lotus Hotel Jember– segera mengumumkan kelas berikutnya!

Who’s excited?