Staf Java Lotus Hotel Ikuti Uji Kompetensi SDM Pariwisata

Jember, 9 November: SEBANYAK 50 staf/karyawan hotel Java Lotus Hotel Jember, Kamis (9/11) mengikuti uji kompetensi SDM pariwisata. Dengan menggunakan dana World Bank, Sertifikasi kompetensi SDM Pariwisata dilaksanakan Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif /Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sebagai salah satu upaya standarisasi profesi SDM kepariwisataan.

Kemenparekraf menunjuk LSP Rajawali Hospitality Nusantara –salah satu LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi)—sebagai pelaksana uji kompetensi untuk standar Pasar Terbuka ASEAN terhadap 50 karyawan Java Lotus Hotel Jember yang bertugas di 4 (empat) departemen Front Office, House Keeping, Food and Beverage Product, Food and Beverage Service. Uji kompetensi dilakukan dari tingkat dasar sampai level supervisor dengan materi uji tes tertulis dalam bahasa Inggris.

Kemenparekraft menunjuk LSP Rajawali Hospitality Nusantara –salah satu LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi)—sebagai pelaksana uji kompetensi untuk standar Pasar Terbuka ASEAN terhadap 50 karyawan Java Lotus Hotel Jember yang bertugas di 4 (empat) departemen Front Office, House Keeping, Food and Beverage Product, Food and Beverage Service. Uji kompetensi dilakukan dari tingkat dasar sampai level supervisor dengan materi uji tes tertulis dalam bahasa Inggris.

Menurut General Manager Java Lotus Hotel, Jeffrey Wibisono V, sertifikat kompetensi ini ibarat SIM pekerja profesional yang diakui negara dan berlaku se ASEAN. Bersama Tim LSP Rajawali Hospitality Nusantara, Java Lotus Hotel berupaya menciptakan staff yang “kompeten” di bidangnya masing masing.

Perlu diketahui, LSP Rajawali telah melaksanakan uji kompetensi SDM pariwisata di Java Lotus Hotel Jember. Pada April 2023 melaksanakan uji kompetensi SDM bidang MICE yang diikuti 50 peserta dari kalangan pengusaha dan praktisi event organizer se Jember. Kali dua melaksanakan uji kompetensi khusus bagi karyawan hotel setempat.

Bagi menejemen, lanjut Jeffrey, sertifikasi karyawan memberi nilai tambah baik bagi hotel mau pun penggunajasa layanan hotel. Mengikutsertakan karyawan dan staf uji kompetensi adalah salah satu komitmen menejemen memberikan layanan terbaik bagi karyawan mau pun konsumen. Menejemen tidak hanya fokus pada sisi bisnis, juga memberikan perhatian khusus dan memberikan fasilitas peningkatan softskill, hardskill  kepada pekerjanya.

Keahlian dan keterampilan karyawan menentukan keberhasilan hotel memberikan layanan terbaik bagi tamu nya. Menejemen dan karyawan berkomitmen untuk memenuhi motto “Tamu datang senang, Pulang lebih senang” di Java Lotus Hotel Jember. ***

Juga tayang di

https://timesindonesia.co.id/flash-news/475755/tingkatkan-mutu-java-lotus-hotel-jember-kirim-puluhan-karyawan-ikuti-uji-kompetensi