“Day Use Room”: Tamu Datang Senang, Pulang lebih Senang

Jember, Java Lotus Hotel – Mengeksplorasi, mengembangkan, dan memanfaatkan aset budaya masa lampau untuk pemajuan kebudayaan dan memberikan nilai tambah dengan menghadirkan beragam aktivitas budaya setempat, menjadi komitmen menejemen Java Lotus Hotel Jember (J-Lo). Mengelola bisnis hospitality tidak sekadar mencapai target perusahaan, utamanya adalah memberi nilai tambah bagi lingkungan, sehingga keberlanjutan usaha pun terjaga.

Demikian dipaparkan General Manager Java Lotus Jember, Jeffrey V. Wibisono, terkait upaya menjaga dan mewujudkan nilai sustainable development di tengah euforia perjalanan bisnis berpadu-padan perjalanan wisata, serta semaraknya bisnis nomad tourism di Indonesia.

Keberpihakan hotel artisan Java Lotus, tidak hanya menterjemahkan budaya dalam tampilan ornamen arsitektur, amenities atau tampilan wujud ikon J-Lo yang menyambut setiap tamu di lobby hotel. Menejemen, juga mengejawantahkan budaya Pandalungan dalam budaya kerja. Setiap karyawan wajib mewujudkan layanan terbaik untuk mencapai “Tamu datang senang, Pulang lebih senang”.

Tidak mudah mewujudkan kondisi tamu memasuki lobby hotel dengan riang dan berharap mereka check-out dengan senang. Terlebih setelah melakukan perjalanan panjang. Hambatan datang tiba- tiba yang mengakibatkan jadual kegiatan selanjutnya bergeser di majukan atau diundur waktunya.

Dalam perjalanan bisnis maupun wisata, adakalanya waktu ketibaan di tujuan lebih awal dari waktu check-in hotel. Adakalanya acara pertemuan berlangsung sampai larut malam yang mengharuskan menggeser waktu check-out dari kamar hotel.

Kasus lumrah dan jika kejadian ini menimpa Anda di Java Lotus Hotel, tidak perlu panik dan “kemrungsung,” ujar Jeffrey lebih jauh.

Pasalnya sampai 30 April 2024, menejemen J-Lo memberlakukan layanan khusus bagi tamu yang datang atau harus check-out di luar waktu yang lazim. Umumnya perhitungan satu malam menginap dari waktu check-in reguler dimulai pukul 14.00 – 24.00 dengan waktu checkout pada pukul 12.00 keesokan hari.

Jeda antar waktu tersebut digunakan room attendant housekeeping melaksanakandeep cleaning, make up room sebelum tamu baru check-in. Mereka membutuhkan waktu 15-30 menit per kamar untuk membersihkan dan mengatur ruang tidur tergantung kompleksitas interior kamar.

Menggunakan layanan early check-in dan late check-out adalah layanan berbayar. Jika tamu melakukan early check-in sekitar pukul 06.00-11.00 dan berencana check-out pada tanggal berikutnya maksimum pada pk 12.00, tamu dikenakan biaya 50%. Bila tamu check-in lebih awal  kurang dari pukul 06.00 maka dikenakan  biaya  100%, ini berarti Anda harus membayar dua (2) malam masa inap apabila check-out keesokan hari — pada tanggal berikutnya— maksimum pk 12.00.

early check-in dan late check-out adalah layanan berbayar. Jika tamu melakukan early check-in sekitar pukul 06.00-11.00 dan berencana check-out pada tanggal berikutnya maksimum pada pk 12.00, tamu dikenakan biaya 50%.

Jadual keberangkatan yang delayed, kemacetan di jalan atau perjalanan lancar tanpa halangan dan tiba ditujuan meleset dari rencana. Tiba pukul 04.00 subuh di tujuan dan ingin istirahat di hotel —tanpa reservasi sebelumnya— bolehkah reservasi dan check-in pada subuh itu?

Di Java Lotus Hotel Jember walk-in guest atau pelanggan yang sudah memiliki reservasi, dapat melakukan early check-in — sebelum waktu check-in pukul 14.00—. Layanan tersebut merupakan jasa menginap berbayar, tetapi ada opsi khusus sebagai added value bagi pengguna jasa J-Lo.

“Selain rate khusus, bonus tambahan yang ditawarkan sesuai kondisi, free nasi Langgi atau Penyetan untuk dua orang. Special offer day use room ini berlaku juga pada hari libur, hari raya, peak season, sepanjang kamar yang dimaksud tersedia,” kata Jeffrey.

Menikmati Jember Kuliner “Rasa Jember” yang gurih menjadi bagian penting dari pengalaman Jember Pariwisata di Bumi Pandalungan area Tapal Kuda, Jawa Timur. Java Lotus Hotel is the best hotel in Jember dalam hal #eatlocal ini.

Layanan early check-in atau late check-out di J.Lo juga menjawab kebutuhan tamu-tamu yang hendak melanjutkan kegiatannya menggunakan moda transportasi kereta, bus malam atau travel antar kota dan provinsi dari Jember.

Dengan fasilitas early check-in dan check-out tersebut, menejemen menawarkan pengalaman menginap mengesankan bagi semua tamu. Tidak harus tertidur di terminal kedatangan atau di lobby hotel menunggu waktu check-in. Tidak perlu ‘kemrungsung”, panik, harus check-out sementara acara belum tuntas.

Oleh karena itu, komunikasikan waktu check-in Anda pada saat reservasi, agar hotel dapat mengatur waktu yang lebih baik untuk Anda. Untuk tamu yang walk-in harus memahami, ada masa tunggu untuk staf housekeeping menyiapkan kamar tamu (guest room), khususnya saat peak season, jelas Jeffrey menambahkan. 

Berikut peraturan early check-in hotel internasional dan dijalankan secara konsisten oleh menejemen Java Lotus Hotel Jember secara independen. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda:

Waktu check-in antara pukul 00.01 – 03.00, check-out time adalah pk 12.00 pada tanggal yang sama, room charge 100%

Waktu check-in antara pukul 03.01 – 06.00, check out time adalah pk. 18.00 pada tanggal yang sama, room charge 100%

Waktu check-in antara pukul 06.01 – 10.00, check out time adalah pk. 21.00 pada tanggal yang sama, room charge 100%

Jika Anda check-in antara pukul 10.01 – 13.00, check- out time pk. 12.00 pada keesokan hari, early check-in charge adalah 50% plus satu malam menginaproom charge 100%–.

Point Reward

Mewujudkan layanan “Tamu datang senang, Pulang lebih senang”, selain menawarkan keleluasaan waktu check-in dan check-out bagi tamu. Menejemen juga memberikan tambahan bonus bagi anggota Loyalty program Java Lotus Hotel Jember. Penggunaan fasilitas early check-in mendapat poin reward dengan perhitungan klik disini

Dengan catatan, sebelum menginformasikan kepada petugas mengenai jadwal check-in, pastikan bahwa Anda telah memesan dan membayar kamar bersangkutan terlebih dahulu. Sehingga kamar tersebut tetap direservasikan atas nama Anda. Seperti diketahui, ada peraturan reservasi bahwa kamar-kamar non-guarantee akan di-release pada tengat waktu tertentu, hotel berhak mengalihkan ke tamu-tamu berikutnya.

Pesta Lampion

Selain memberdayakan SDM setempat, menejemen hotel juga menggunakan hasil budidaya perkebunan, peternakan dan perikanan di Kabupaten Jember dan sekitarnya. Outlet kudapan ringan maupun berat menyajikan olahan makanan rumahan masyarakat Pandalungan Jember yang bahan bakunya dibeli di pasar tradisional terdekat.

Bekerjasama dengan tour operator setempat, juga ditawarkan sejumlah paket kunjungan wisata seputar Kabupaten Jember. Tercatat Jember memiliki sejumlah desa wisata seperti Desa Wisata Adat Arjasa, desa wisata Kemiri. Bagi pengunjung yang berminat pada dua megalitikum, Jember juga menyimpan situs Duplang, situs Calok. Tidak kalah menarik, kota cerutu ini juga memiliki kekayaan alam sejumlah air terjun. Atau berniat belajar seluk- beluk cerutu, membatik ala Jember. Yang pasti menutup tahun 2023, Jember menggelar Pesta Lampion, di ruang terbuka hijau pusat kota Jember, berseberangan dengan Java Lotus Hotel. ***

Menikmati Jember Kuliner “Rasa Jember” yang gurih menjadi bagian penting dari pengalaman Jember Pariwisata di Bumi Pandalungan area Tapal Kuda, Jawa Timur. Java Lotus Hotel is the best hotel in Jember dalam hal #eatlocal ini.

Juga tayang di

https://timesindonesia.co.id/wisata/477620/special-offer-day-used-room-java-lotus-hotel-jember-seperti-apa