Pendhalungan di Jember

JEMBER, salah satu kantong budaya pandalungan (pandhalungan–pendalungan) — budaya hasil asimilasi dan alkulturasi dua budaya dominan di wilayah pantai utara dan bagian Timur Provinsi Jawa Timur. Dalam konteks kawasan “tapal kuda” Jawa Timur, budaya pendalungan adalah percampuran antara dua budaya dominan, budaya Jawa dan Madura. Secara administratif, kawasan kebudayaan pandalunganmeliputi Kabupaten Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, Jember, dan Lumajang – ( Prof.Ayu Sutarto (alm): Pembekalan Jelajah Budaya 2006)—.

Pendalungan berasal dari istilah Jawa dhalung, periuk besar dari logam. Bermakna  sebagai sebuah kawasan besar yang menampung dua atau lebih kelompok etnik dan melahirkan kebudayaan baru — adopsi dari unsur-unsur budaya pembentuknya –.

Sebagai kantung budaya pendalungan, Jember itu secara sosial, budaya, politik dan ekonominya unik, khas, the melting pot  keberagaman yang lebur dalam satu wadah.

Subkultur Blambangan, Jawa (Mataraman, termasuk Panaragan), Madura, Cina, Arab, Mandar, dan budaya lainnya, hingga kini masih memiliki pengaruh dan menjadi dinamika budaya yang hidup di tengah masyarakat.

Jadi…. Berwisata atau berkunjung ke Jember, jangan mencari makanan asli Jember ataupun menelisik budaya asli Jember. Jember yang kueren adalah ya ini … Pendalungan,  the Melting Pot, percampuran delapan unsur budaya Jawa – Madura yang penuh toleransi.

Budaya pendalungan memiliki produk-produk kesenian bernuansa agraris dan keagamaan (Islam), terkait dengan aspek-aspek keamanan dan kesejahteraan hidup petani. Seperti musik patrol, Lengger, Can Macanan Kadduk, Singo Ulung, Kentrung, Janger dan Jaran Kencak. Bagaimana wajah kuliner, gastronomi pendalungan?

Yang ada, makanan spesial di Jember adalah nasi Langgi, di daerah lain disebut nasi Rames, dan dalam klausul bahasa Indonesia itulah si nasi Campur.*

Pendalungan Separo Separo Bebek Bumbu Ireng Sego Jagung di Java Lotus Hotel Jember
Pendalungan Separo Separo Bebek Bumbu Ireng Sego Jagung di Java Lotus Hotel Jember
Pandalungan Nasi Campur, Separo Separoin makanKOE Restaurant of Java Lotus Hotel Jember, East Java